Jakarta – Pada 9 September 2013, dua produsen mobil asal Jepang resmi meluncurkan 2 mobil murah. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, munculnya mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) ini dinilai mampu mengurangi konsumsi BBM yang sudah sangat tinggi penggunaannya.
Ketua Umum Partai Gerindra Prof. Suhardi mengatakan bahwa Partai Gerindra menyayangkan kebijakan pemerintah yang mendukung beredarnya mobil murah.
“Adanya mobil murah justru akan menyebabkan kemacetan semakin parah karena makin banyak orang yang menggunakan mobil. Ini adalah kebijakan yang sangat keliru. Membebaskan pajak untuk mobil murah juga tidak akan menurunkan jumlah konsumsi BBM karena jumlah mobil akan bertambah,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima hari ini.
Partai Gerindra berpendapat, lebih baik pemerintah memprioritaskan perbaikan kualitas dan kuantitas transportasi umum daripada mendorong peredaran mobil murah. Jika transportasi umum berjalan dengan baik tentunya pengguna kendaraan pribadi akan berpindah ke transportasi umum, dan akhirnya akan menurunkan jumlah konsumsi BBM.
“Yang jadi masalah saat ini masyarakat enggan menggunakan kendaraan umum karena tidak nyaman serta sering tidak tepat waktu.” Suhardi menambahkan.
Suhardi mengutip pernyataan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang pernah mengatakan, pemerintah perlu mencontoh apa yang telah dilakukan Brazil dalam kebijakan industri otomotif.
“Brazil berhasil mengkonversi penggunaan BBM dengan BBN (Bahan Bakar Nabati). Jika memang tujuannya untuk mengurangi konsumsi BBM, seharusnya kebijakan industri otomotif nasional diarahkan seperti itu.”
“Penggunaan BBN dapat mengurangi ketergantungan negara ini terhadap BBM yang terus impor. Negara ini dapat mandiri secara energi dengan BBN dari singkong dan tetumbuhan lainnya.” tutup Suhardi.
Penulis: Faisal Maliki Baskoro/FMB
Sumber: beritasatu.com