Desak Pemerintah Pulangkan 600 WNI yang Tergabung ISIS, Fadli Zon: Mereka Adalah Korban

Mereka Adalah Korban

Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon merespon rencana pemerintah yang hendak memulangkan 600 warga negara Indonesia (WNI) yang tergabung dalam ISIS.

Fadli mengatakan bahwa pemerintah punya kewajiban untuk melindungi seluruh warga negara sehingga WNI yang tergabung ISIS itu harus difasilitasi karena bisa saja mereka hanyalah korban.

“Tapi kalau mereka ibaratnya tersesat karena doktrin tertentu seperti ISIS, ya harus dikembalikan karena mereka jadi korban propaganda ISIS dan sebagainya,” ujar Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

“Harus ada usaha untuk kembalikan mereka kepada jalan yang benar sebagai warga negara dan harus difasilitasi, jangan mereka diabaikan karena kita punya kewajiban konsititusional lindungi tiap wrga negara Indonesia,” imbuhnya.

Fadli mengatakan bahwa WNI yang tergabung ISIS itu harus mengikuti berbagai prosedur sebelum kembali menjadi warga Indonesia.

“Tentu ada protokol yang harus dijalani, semacam interogasi, mereka harus dilihat apa yang terjadi, kronologi seperti apa, dibriefing kembali sebagai warga negara,” kata Fadli.

Dalam hal ini, Fadli mengungkapkan bahwa dirinya belum mendapatkan informasi apakah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah mengkomunikasikan rencana pemulangan 600 warga negara Indonesia (WNI) yang tergabung dalam ISIS ke  Komisi I DPR RI.

“Kelihatannya sejauh yang saya tahu nggak ada, tapi nanti saya cek ke BNPT, gimana rencana merka terkait warga negara karena jumlahnya cukup banyak dan mungkin ada yang dibawah umur sehingga harus ada treatment spesifik, di cek gimana mereka bisa sampai berada disana,” pungkasnya.

 

Sumber


Instruksi Prabowo Subianto untuk Gerindra Jatim dalam Rangka HUT Partai

Instruksi Prabowo Subianto untuk Gerindra Jatim dalam Rangka HUT Partai

Partai Gerindra akan merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) partai ke-12 pada 6 Februari 2020.

Di Jawa Timur, agenda perayaan HUT partai akan dipusatkan di Jember pekan depan.

Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad menjelaskan bahwa peringatan di Jatim akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu (15-16/2/2020).

 “Kami pilih akhir pekan karena kami ingin fokus melalui kegiatan bakti sosial,” katanya.

Sadad menjelaskan, bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, melalui surat edaran telah menginstruksikan kader di daerah untuk menggunakan momentum HUT dengan terjun menyapa masyarakat.

Utamanya, di daerah yang rawan bencana.

“Situasinya memang banyak bencana. Teman-teman di Fraksi juga diminta untuk turun dan mengupayakan penanggulangan bencana seperti Bondowoso dan Jember,” kata Sadad yang juga Anggota DPRD Jawa Timur ini.

Gerindra Jatim juga telah menginstruksikan jajaran pengurus di masing-masing Kabupaten/kota melakukan upoaya serupa. “Saat ini, kita sedang prihatin. Oleh karena itu, HUT kami pusatkan di daerah. Selain adat kami seperti itu, juga untuk peduli bencana,” tegas Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Untuk diketahui, Jember menjadi satu di antara daerah di Jatim yang mengalami bencana banjir awal Februari lalu. Meskipun tidak menelan korban jiwa, warga terdampak di dua desa (Sempol dan Kalisat) mencapai ribuan jiwa.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Jember, Satib, acara juga akan dirangkai dengan kegiatan jalan sehat.

“Nantinya akan diikuti masyarakat Jember dan sekitarnya. Tak hanya itu, seluruh jajaran DPD hingga jajaran legislatif, kader dan simpatisan partai Gerindra se Jatim akan hadir untuk memeriahkan HUT Partai,” kata Satib.

Pria yang juga anggota DPRD Jatim ini, selain menggelar kegiatan sosial yang melibatkan seluruh masyarakat, nantinya akan menggelar Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus).

Rakercabsus menjadi agenda internal DPC Gerindra Jember. “Dalam Rakercabsus nanti, kami akan konsolidasi untuk pemenangan Partai Gerindra dalam menghadapi pilkada serentak,” jelasnya.

 Satib menambahkan, dalam Rakercabsus tersebut juga akan menggelar fit and proper test untuk calon yang mendaftar di partai berlambang kepala garuda ini.

“Mesin sudah panas, tentunya banyak strategi yang akan dibahas untuk memenangkan pilkada di Jember,” katanya.

“Kami optimis dengan mesin yang ada saat ini, target kemenangan untuk calon kepala daerah yang akan diusung oleh Partai Gerindra akan tercapai,” tandasnya.

 

Sumber

 


Fraksi PAN DPRD DKI Dukung Politikus Gerindra Jadi Wakil Gubernur

Fraksi PAN DPRD DKI Dukung Politikus Gerindra Jadi Wakil Gubernur

Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD DKI berharap kader dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.

“Dalam hal ini kami sebagai partai pendukung saat Pilkada dulu, semoga Riza Patria terpilih,” ujar Ketua Fraksi PAN, Lukman Hakim di DPRD, Senin 3 Februari 2020.

Namun kata Lukman, untuk keputusan resmi, fraksi PAN akan berdiskusi terlebih dahulu ke DPW partai. Dia menjanjikan keputusan tersebut akan dikeluarkan DPW dalam waktu dekat. “Karena bagaimana pun kita adalah petugas partai, jadi kami diskusi dulu ke DPW,” ujarnya.

Lukman berpesan kepada Riza jika terpilih sebagai wakil gubernur untuk fokus sejumlah persoalan besar di DKI seperti menurunkan angka kemiskinan, permukiman kumuh, banjir dan kemacetan.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Riza Patria menyatakan jika terpilih akan melakukan percepatan terutama dalam menuntaskan 23 janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Semua yang jadi kebijakan Gubernur Anies apakah program kerja sudah dijanjikan itu kita lakukan percepatan,” ujarnya.

Riza mengatakan sebagai calon wakil gubernur PAW akan ikut menjalankan visi misi serta program kerja yang telah disusun oleh Anies. “Karena saya calon PAW, jadi tidak bisa membawa visi misi tersendiri, tapi ikut dengan yang telah disusun oleh pak Anies dulu,”ujarnya.

 

Sumber


Perusakan Mushola di Minahasa Tindakan Barbar

Perusakan Mushola di Minahasa Tindakan Barbar

Anggota Komisi I DPR Fadli Zon menganggap, nilai-nilai Pancasila belum mengakar di masyarakat. Padahal, slogan ‘saya pancasila’ kerap kali terdengar di ruang publik.

Hal itu disampaikan Fadli menanggapi pengrusakan mushola Al-Hidayah di Perum Agape, Tumaluntung, di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

“Perusakan tempat ibadah apapun termasuk Mushola di Minahasa jelas harus dikutuk. Barbarisme ini menunjukkan Pancasila hanya di bibir saja,” cuit Fadli lewat akun twitter-nya, Jumat (31/1/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mendesak aparat penegak hukum untuk menangkap pelaku perusakan mushola tersebut. Karena, isu itu jika dibiarkan sangat mudah menyulut api konflik di tengah masyarakat.

“Aparat dan intelijen telah gagal mencegah dan melindungi bangunan milik umat Islam. Inilah yang kadang dapat memicu konflik. Semoga segera ada penegakan hukum,” tutur dia.

Sebelumnya, insiden pengrusakkan mushola itu terjadi pada Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 17.48 WITA. Sekitar 50 orang mengatasnamakan Ormas Waraney Dari Desa Tumaluntung yang pimpinan Ibu Novita Malonda merusak Mushola Al-Hidayah, Perumahan Agape Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Video yang menayangkan kejadian itu menjadi viral di media sosial. Dari kejadian itu, Kerugian korban jiwa disebut nihil. Sementara, materil dinding musolah rusak dan pagar rusak.

 

Sumber


Gerindra Bela Mulan Jameela Terkait MeMiles

Gerindra Bela Mulan Jameela Terkait MeMiles

Anggota Komisi III Fraksi Gerindra Habiburokhman menyinggung kasus investasi bodong MeMiles dalam rapat kerja bersama Kapolri Jenderal Idham Azis. Dia membela Mulan Jamela dan mempertanyakan rencana pemanggilan istri Ahmad Dhani tersebut terkait MeMiles.

“Soal MeMiles saya lihat apa yang dilakukan Polda Jawa Timur secara garis besar sudah cukup bagus. Cuma ada ganjalan, ini bukan persoalan. Tapi menurut saya juga penting terkait pernyataan akan adanya pemanggilan kepada Mulan Jameela,” kata Habiburokhman dalam ruang rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Habiburokhman mengatakan, Mulan sempat diundang dalam acara yang diadakan pihak swasta itu. Namun, lanjut dia, kehadiran Mulan hanya undangan menyanyi, bukan sebagai anggota. Maka menurut Habiburokhman, jika ada pemanggilan terhadap Mulan akan merugikan secara personal.

“Saya ikuti betul, saya cek betul apa kaitannya orang yang perform yang hanya bernyanyi, yang kontraknya ada, kewajiban ada. Apa hubungannya dengan tindak pindana investasi bodong ini, kalau dia (Mulan) members oke,” ujar Habiburokhman.

“Pemanggilan orang itu sebetulnya tidak nuansa hukumnya saja, ada nuansa sosial, bagi orang-orang yang dipanggil namanya akan diberitakan kemudian pemberitaannya digoreng macam-macam. Mulan Jameela terjerat MeMiles, dan lain-lain,” imbuhnya.

Dia meminta agar Polri tetap melakukan penyelidikan sesuai mekanisme yang ada. Dengan memanggil saksi yang relevan.

“Padahal orang cuma bernyanyi gitu pak, jadi menurut saya lebih hati-hati lah dalam melakukan penyidikan hal tersebut. Mungkin banyak saksi tapi kalau tidak relevan buat apa juga membuang tenaga memang ada pemberitaan tapi tolong juga dipertimbangkan kepentingan orang,” kata Habiburokhman.

Menyikapi hal itu, Kapolri Idham akan meminta Polda Jawa Timur untuk mempertimbangkan pemanggilan Mulan Jameela. Dia menganggap berita pemanggilan itu ramai karena Mulan seorang artis.

“Insyaallah saya sampaikan sama Pak Kapolda Jawa Timur tentang pemanggilan Mulan Jameela, dilihat dulu azas manfaat dan mudaratnya. Memang karena artis mungkin ini pak jadi bagus manggil, kalau yang biasa-biasa saja mungkin nggak ini, nggak terlalu booming,” katanya.

 

Sumber