Cegah Kerumunan Massa, Nasrul Abit-Indra Catri Percepat Daftar ke KPU Sumbar

Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat yang diusung Partai Gerindra, Nasrul Abit (NA)-Indra Catri (IC), secara mendadak mendaftar ke KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (5/9) sore. Keputusan ini diambil guna mencegah kerumunan massa pendukung paslon ini.

“Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat, terutama kader dan relawan. Tadinya kita memang berencana mendaftar hari Minggu. Namun, karena pertimbangan kondisi COVID-19, proses pendaftaran harus kita percepat,” kata Andre Rosiade, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, kepada wartawan di Padang, Sabtu (5/9/2020).

Andre mengatakan percepatan pendaftaran dilakukan guna mencegah massa pendukung yang akan menyertai NA-IC pada pendaftaran. Andre mengatakan kesehatan harus diutamakan saat pandemi ini.

 “Kita tidak ingin, 10 ribu massa yang sudah ingin berkumpul dan mengantarkan NA-IC akan menjadi persoalan baru. Akan menjadi klaster penyebaran COVID, karena Kota Padang saat ini dalam status (zona) merah,” tambah dia.
Selain alasan kesehatan, keputusan ini diambil untuk mencegah terjadinya potensi kerumunan massa. Sebab, semua calon tersisa memanfaatkan hari terakhir pendaftaran.

“Ada tiga calon yang rencananya akan mendaftar besok. Fakhrizal pagi, NA-IC siang, lalu Mulyadi-Ali Mukhni, sehingga ada potensi massa saling bertemu,” katanya lagi.

Pasangan NA-IC datang ke KPU Sumbar 20 menit sebelum batas waktu pendaftaran atau sekitar pukul 15.40 WIB. Meski sudah dipercepat dengan agenda yang mendadak, masih ada ratusan orang yang ikut mengantar.

Bergerak menuju KPU Sumbar, NA-IC diantar langsung Ketua DPD Gerindra Andre Rosiade dan Sekretaris DPD Evi Yandri.

“Simpatisan perlu memahami kenapa kami mempercepat, karena kita harus mempertimbangkan dan menjalankan protokol COVID,” kata Nasrul seusai pendaftaran.

Ia bersyukur semua proses pendaftaran berjalan lancar. Nasrul mengatakan telah siap untuk proses berikutnya.

“Alhamdulillah, semua proses sudah kita jalankan. Proses administrasi sudah dilengkapi. Tinggal menjalankan tes kesehatan dan menunggu penetapan KPU,” kata Nasrul.

“Kami mohon dukungan agar bisa melanjutkan semua yang sudah kita bangun selama ini,” sambungnya.

Nasrul Abit saat ini masih menjabat Wakil Gubernur Sumatera Barat. Sedangkan Indra Catri adalah Bupati Agam. Gerindra menjadi satu-satunya partai yang mengusung sendiri tanpa harus berkoalisi karena menguasai 14 kursi di DPRD Sumbar atau berada di atas syarat minimal.

 

Sumber