Penggodokan Calon Kepala Daerah Gerindra Dilakukan di Daerah
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan bahwa penggodokan calon kepala daerah dari partainya dilakukan pada tingkat daerah, bukan pusat. “Kalau ( pilkada) kabupaten, yang berperan adalah ketua dewan pimpinan cabang. Kalau di provinsi, yang berperan ketua dewan pimpinan daerah. Mereka yang menggodok,” ujar Prabowo, sebagaimana dikutip Antara, Senin (20/7/2020).

Prabowo mengatakan, sistem tersebut membuat pencalonan kepala daerah Partai Gerindra bersifat terbuka. “Siapa yang dapat dukungan, siapa yang lolos, diseleksi di situ. Jadi, saya buka,” ujar Prabowo. Saat ditanya soal dengan partai politik mana Partai Gerindra paling banyak berkoalisi di pilkada, Prabowo mengaku, tidak hapal.

Namun, Prabowo menyebutkan, mungkin dalam pilkada kali ini Partai Gerindra lebih banyak berkoalisi dengan PDI Perjuangan. “Mungkin PDI-P ya kami paling banyak (berkoalisi), ya? Tapi sekarang enggak. kami (Gerindra) bekerja sama dengan semua. Ya, enggak hafal saya (di daerah mana saja),” kata Prabowo.