prabowo

Partai Gerindra sudah menunjuk nama untuk diusulkan menjadi pimpinan MPR RI dan Wakil Ketua DPR periode 2019-2024. Untuk pimpinan MPR, Gerindra mengusulkan Ahmad Muzani, sedangkan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

“Sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum, Pak Prabowo (Subianto) sudah menandatangani dua SK (surat keputusan). Pertama adalah calon Wakil Ketua DPR, Pak Prabowo menunjuk Saudara Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon Wakil Ketua DPR dan sebagai calon pimpinan MPR Pak Prabowo menunjuk Ahmad Muzani menjadi calon pimpinan MPR,” kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Pada periode 2014-2019, Wakil Ketua DPR dari Gerindra yakni Fadli Zon. Mengapa Fadli tak lagi diusulkan menjadi Wakil Ketua DPR?

Muzani menjelaskan alasan Prabowo tak lagi mengusulkan Fadli sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019-2024.

“(Pergantian Fadli) lebih merupakan rotasi. Pergiliran kepemimpinan dalam partai itu juga penting sehingga ada regenerasi dalam kepemimpinan legislatif, karena kita adalah partai yang berada di luar pemerintahan,” papar Muzani.

“Dan tentu saja Pak Fadli nanti akan ada, Pak Fadli akan mendapat tugas-tugas baru yang sudah disampaikan Pak Prabowo ketika keduanya bertemu,” imbuhnya.

Muzani juga mengungkapkan alasan Prabowo menunjuk Sufmi Dasco sebagai calon Wakil Ketua DPR 2019-2024. Selain soal kompetensi, satu alasan lainnya yakni Sufmi Dasco merupakan kader senior Gerindra.

“Ya karena senioritas Pak Dasco adalah pendiri partai, Wakil Ketua Umum, sehingga secara senioritas juga cukup mumpuni,” terang Muzani.

Ahmad Muzani sendiri merupakan Wakil Ketua MPR saat masa jabatan 2014-2019 sudah berjalan. Muzani menjadi pimpinan MPR setelah adanya perubahan tata tertib (tatib) MPR yang menambah jumlah pimpinan dari lima menjadi 8 orang.

 

Sumber