Gerindra Sebut MUI Jabar Panaskan Suasana soal Ganti Presiden

DPD Gerindra Jawa Barat (Jabar) berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar tak menghalang-halangi hak konstitusional rakyat perihal imbauan terkait #2019GantiPresiden.

Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi menegaskan gerakan #2019GantiPresiden merupakan hak warga negara dalam menyuarakan pendapatnya di muka umum. Menurutnya, selama ini gerakan tersebut tidak ada aturan yang dilanggar dengan adanya gerakan tersebut.

“Perlu digarisbawahi bahwa gerakan ini adalah hak rakyat yang di jamin oleh konstitusi,” ujar Mulyadi dalam keterangan yang diterima, Kamis (2/8).

Atas dasar itu, Mulyadi pun menyesali perihal munculnya imbauan yang diungkapkan Sekretaris Umum MUI Jabar M Rafani Akhyar agar pihak baik yang pro maupun yang kontra #2019GantiPresiden untuk menahan diri.

“Pernyataan tersebut kami nilai malah semakin menambah panasnya suhu politik saat ini. Seharusnya MUI Jawa Barat bisa menjadi penyejuk bukan malah membuat suasana semakin panas,” tutur Muyadi.

Ia berpendapat tak ada masalah, bahkan di mata hukum, andai ada elemen masyarakat yang menginginkan perubahan untuk menggelar deklarasi dan menyampaikan aspirasinya.

“Kami mengharapkan semoga saja pernyataan atau imbauan tersebut tidak mewakili lembaga MUI yang terhormat, tapi pernyataan pribadi bukan dari pengurus MUI Jawa Barat” ujarnya.

Sumber