Hasil Verifikasi Gerindra memenuhi syarat

Partai Gerindra Kabupaten Tegal dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebagai calon perserta Pemilu 2019. Pernyataan itu dibeberkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal saat melalukan verifikasi pengurus partai politik di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tegal, Selasa (30/1).

“Partai Gerindra sudah memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, usai melakukan verifikasi.

Dia menjelaskan, verifikasi kepengurusan parpol ini terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Sedangkan syarat lainnya, adanya 30 persen keterwakilan perempuan, status domisili kantor, dan 5 persen keanggotaan parpol yang tersebar minimal 50 persen dari jumlah kecamatan di Kabupaten Tegal, atau tersebar di 9 kecamatan dari 18 kecamatan

“Hasil verifikasi di Partai Gerindra, persebarannya melebihi minimal 50 persen, karena ada 14 kecamatan persebaran anggotanya,” terangnya.

Dia mengemukakan, verifikasi itu dilakukan pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap uji materi Pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Keputusan MK, yakni parpol peserta Pemilu 2014 meskipun telah diajukan verifikasi faktual sebelum tahun 2012, tapi wajib dilakukan verifikasi lagi. Selain itu, KPU RI juga melakukan perubahan terhadap Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Program, dan Jadwal Tahapan Pemilu 2019 menjadi Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018. KPU juga merubah Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Cara Verifikasi dan Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 menjadi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2018.

“Jadwal verifikasi dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 30 Januari-1 Februari 2018. Kami awali verifikasi ini di Partai Gerindra,” ujarnya.

Dia mengaku tidak hanya melakukan verifikasi di Partai Gerindra, tapi juga akan melakukan di parpol lainnya di Kabupaten Tegal yang berjumlah 13. Yaitu, PDI Perjuangan, PKB, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, PPP, PBB, PKPI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya.

“Masa perbaikan verifikasi tanggal 3-5 Februrai 2018, dan verifikasi hasil perbaikan dilaksanakan tanggal 6 Februrai 2018,” bebernya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Tegal, H Fatkhudin Rosyidi bersyukur karena verifikasi kepengurusan parpol bisa berjalan lancar dan telah memenuhi persyaratan. Bahkan, Gerindra melebihi persyaratan sebaran keanggotaan yang disyaratkan KPU. “Syarat KPU hanya 51 anggota, kami penuhi dengan 81 anggota,” katanya.

Fatkhudin menambahkan, Gerindra Kabupaten Tegal menargetkan bisa menang dalam Pilbup Tegal, Pilgub Jateng, penambahan kursi di legislatif dan puncaknya memenangkan Pilpres 2019.

 

Sumber