Gerindra Yakin Hak Angket 'Ahok Gate' Berjalan Mulus

Usulan hak angket soal status Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atau ‘Ahok Gate’ telah dibacakan dalam Rapat Paripurna di DPR pada Kamis 23 Februari 2017. Hak angket tersebut kini tengah dibawa ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk dibahas lebih lanjut.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, pihaknya yakin usulan hak angket ‘Ahok Gate’ yang tengah bergulir di parlemen saat ini akan berjalan mulus. Pasalnya, sejumlah pelanggaran terhadap undang-undang sudah terang terlihat.

“Kita yakin hak angket bisa (berjalan) karena ini terang benderang pelanggaran konstitusinya. Dan juga ini kan aspirasi mayoritas rakyat indonesia yang melihat sekarang telah terjadi pelanggaran,” kata Andre saat berbincang dengan Okezone, Minggu (26/2/2017).

Hak angket ‘Ahok Gate’ tersebut diusulkan oleh 94 anggota dewan dari empat fraksi, yakni Fraksi Demokrat, PKS, Gerindra dan PAN. Mereka menggulirkan hak angket lantaran menilai pemerintah telah salah tak menonaktifkan Ahok kembali sebagai terdakwa. Pasalnya Ahok menyandang status terdakwa.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya tak langsung menonaktifkan Ahok lantaran Jaksa Penuntut Umum menggunakan dakwaan alternatif. Ahok didakwa melanggar Pasal 156 huruf a KUHP dan Pasal 156 KUHP. Karena itu, Tjahjo ingin mendengarkan tuntutan jaksa terhadap Ahok terlebih dulu.

Menurut Andre, alasan dari Tjahjo tak dapat diterima. Andre menegaskan bahwa, posisi Ahok sebagai gubernur DKI tak hanya melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, melainkan juga melanggar Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, serta PKPU Nomor 12 Tahun 2016.

“(Usulan) hak angket ini terang benderang pemerintah melanggar Pasal 83 UU Nomor 23 Tahun 2016 ayat (1), (2) dan (3). Proses pelantikan kembali Ahok juga melanggar peraturan. Berakhirnya waktu kampanye kan 11 Februari 2017 pukul 24.00 WIB, nah Ahok itu dilantik pada tanggal 11 pukul 15.30 WIB. Masih panjang waktu cuti, masih ada beberapa jam lagi itu,” tandasnya.

 

Sumber