image

KULON PROGO – Tidak hanya di Senayan, Koalisi Merah Putih (KMP) berjaya di DPRD Kulon Progo. Seluruh jabatan struktur alat kelengkapan Dewan disapu bersih KMP.

Berdasarkan data yang diperoleh, di Komisi I, jabatan ketua diraih Suharto (Partai Golkar), wakil ketua Suprapto (Gerindra), dan sekretaris Sudarta (PPP).

Hal yang sama terjadi di Komisi II. Muhtarom Asrori (PAN) menjadi ketua, sementara yang menjadi wakil ketua Arismawan (Demokrat), dan sekretaris Suharmanto (PKS).

Di Komisi III, Hamam Cahyadi (PKS) menjadi ketua. Sedangkan Sugiyanto (Demokrat) menjadi wakil ketua, dan sekretaris adalah Sumardi (Gerindra).

Komisi IV, kursi ketua diduduki Muridna (Gerindra), sementara wakil ketua Upiyo AL Hasan (PAN), dan sekretaris Wisnu Prastya (Golkar).

Sapu bersih jabatan oleh KMP juga terjadi pada struktur Badan Legislasi dengan ketua Risman Susandi (PAN) dan wakil ketua M Ajrudin Akbar (PKS). Sedangkan di Badan Kehormatan Dewan, yang menjadi ketua Mujiman (Golkar) dan wakil ketua Sumardi (Gerindra)

“Kita tidak ada niatan untuk menghabisi, tetapi pada rapat sebelumnya Fraksi PDIP menyatakan walk out setelah usulan ditolak. Begitu juga Fraksi Kebangkitan Bangsa keluar tanpa kejelasan bersama dengan wakil dari Nasdem dan Hanura,” ujar Wakil Ketua Fraksi Amanat Nasional DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori, Kamis (9/10/2014).

Saat ini, rapat paripurna penetapan alat kelengkapan Dewan sedang berlangsung di Gedung DPRD Kulon Progo. Ketua DPRD Akhid Nuryati mengatakan, Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah berjuang maksimal dalam rapat pembahasan. Mereka telah mengupayakan dilakukan musyawarah mufakat dengan mengedepankan transparansi.

Namun, usulan ini tidak diterima dan KIH memilih walk out. “Apa pun hasilnya kita terima dan kita akan tetap bekerja untuk menyelesaikan APBD perubahan,” jelas politisi PDIP ini.
(zik)

Sumber: sindonews.com