Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah hingga saat ini masih menjalani status sebagai tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Walau berstatus tersangka, Ratu Atut tetap menjalankan tugas sebagai Gubernur Banten.

Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Fadli Zon mengatakan bahwa Gerindra mendesak Ratu Atut untuk segera mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Banten. “Secara etis tidak baik jika seorang pemimpin memimpin dari balik sel tahanan. Sebaiknya Ratu Atut mundur untuk lebih fokus dalam mengurus permasalahan hukum yang menimpanya.”

“Jika beliau tetap memaksakan diri memimpin dari balik sel tahanan hal tersebut justru akan merugikan Banten sendiri karena pemerintahan tidak akan berjalan dengan efektif. Jangan sampai program pemerintah Banten terbengkalai karena status Ratu Atut,” lanjut Fadli.

Fadli juga mengatakan bahwa Atut masih bisa memimpin Banten dari balik sel merupakan bentuk dari kesalahan sistem yang dibuat oleh pemerintah, “Seharusnya ada aturan yang jelas mengenai kepala daerah yang ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan Mendagri tidak dapat menonaktifkan Ratu Atut karena tidak ada aturan jelas yang mengatur hal tersebut. Kesalahan sistem ini justru memberikan ruang bagi koruptor untuk tetap leluasa dalam beraktivitas meski berada dalam tahanan. Bagaimana mungkin koruptor jera jika kesalahan sistem seperti ini terus dibiarkan?”

Partai Gerindra

Partai Gerindra adalah partai politik yang mempunyai visi untuk menjadi partai politik yang mampu memberikan kesejahteraan pada rakyat, keadilan sosial, dan tatanan politik negara yang berlandaskan nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas dalam wadah NKRI. Hingga saat ini, Gerindra adalah satu-satunya partai politik yang mempunyai program kerja yang jelas dan terukur yang dituangkan dalam 6 Program Aksi Transformasi Bangsa Partai Gerindra. Dari banyaknya penghargaan yang diterima partai Gerindra diantaranya adalah penghargaan dari Transparency International Indonesia (TII) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai partai politik dengan transparansi keuangan terbaik.