Deklarasi Ormas Satria Lewat Gowes

Terik matahari mulai menyengat kulit. Sunarko, 43, dengan santai menggenjot sepeda menyusuri sudut ruas jalan di wilayah Bumi Intanpari.

Pada Minggu (5/5/2013) sekitar pukul 07.30 WIB, Sunarko dan ribuan pehobi sepeda gembira berkumpul di area car free day (CFD) tepatnya di perempatan Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar. Mereka mengikuti lomba sepeda gembira yang bertajuk Gowes Bersama Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) Karanganyar.

Rute gowes dimulai dari perempatan Papahan, Kecamatan Tasikmadu menuju pabrik gula (PG) Tasikmadu kemudian berbelok ke kanan menuju simpang lima Beji dengan finis di Alun-Alun Karanganyar. Tak sedikit anak-anak yang turut berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua Ormas Satria Karanganyar, Yulianto, mengungkapkan kegiatan tersebut digunakan sebagai deklarasi ormas Satria di Karanganyar. Ormas Satria merupakan organisasi sayap Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Anggota ormas tersebut di Karanganyar berjumlah sekitar kurang lebih 1.000 orang yang tersebar di setiap kecamatan.

“Kegiatan ini untuk merayakan deklarasi ormas satria yang siap mendukung Partai Gerindra di Karanganyar,” ujarnya, Minggu pagi.

Menurutnya, ormas Satria fokus pada kegiatan sosial dan membina satuan tugas Partai Gerindra. Kegiatan sosial yang dilakukan berupa pengobatan gratis massal, pemberian sembako untuk sesama yang membutuhkan. Saat ini, ormas Satria telah mendirikan koperasi yang dikelola langsung oleh para anggotanya. Pendirian koperasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota ormas Satria.

Selain itu, ormas Satria berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menggelar bazaar di kawasan Tawangmangu. Produk karya anggota ormas Satria berupa baju batik segera dipasarkan.

“Bazaar digelar setiap malam Minggu, Alhamdulillah animo masyarakat cukup tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan perekonomian anggota ormas Satria maupun masyarakat,” paparnya.

Sementara Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengungkapkan anggota ormas Satria terdiri dari para generasi muda yang siap berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia di segala bidang. Selama ini, ormas Satria konsen di bidang sosial untuk membantu para sesama yang membutuhkan.

Soal strategi pemenangan pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng, Sriyanto menjelaskan sukarelawan telah disebar di setiap daerah untuk memenangkan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don). Pihaknya menargetkan dapat meraup 40 persen suara di wilayah Soloraya yang notabene kantong suara pasangan calon gubernur-wakil gubernur (cagub-cawagub) lainnya.

“Sekarang sudah beda, wilayah Soloraya tak lagi menjadi basis massa parpol tertentu. Kami yakin dapat meraup 40 persen suara,” tambahnya.

Sumber: solopos.com