BANDA ACEH – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menyeleksi 200 bakal calon anggota legislatif (caleg) untuk 10 daerah pemilihan (dapil) tingkat DPRA, di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra, Banda Aceh, Jumat (5/4).

Ketua DPD Partai Gerindra Aceh, HTA Khalid, menggarisbawahi bahwa bacaleg yang akan direkrut adalah mereka yang punya strategi untuk memperjuangkan nasib rakyat Aceh ke pemerintah pusat, karena ini menyangkut kewenangan Aceh sebagaimana diamanahkan dalam MoU Helsinki. “Ideologi caleg Gerindra harus jelas, karena nanti merekalah yang menjadi harapan untuk memperjuangkan Aceh menjadi lebih baik,” ujarnya kepada Serambi.

Menurut Khalid, kriteria caleg DPRA dari Gerindra harus beda dengan provinsi lain. Karena caleg Gerindra yang terpilih nantinya akan berhadapan dengan pemerintah pusat untuk menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat Aceh.

“Caleg yang kita rekrut adalah mereka yang memang sungguh-sungguh ingin berjihad memperjuangkan Aceh, baik di forum nasional maupun internasional,” ujar TA Khalid.

Hal senada ditambahkan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra, Maulisman. Menurutnya, seleksi yang dilakukan oleh tim bentukan DPD Partai Gerindra itu mencari para caleg yang berkualitas dan menguasai materi-materi terkait visi misi perjuangan partai.

“Jadi seleksi ini diharapkan benar-benar bisa menyaring orang-orang yang berkompeten sehingga dapat membawa perubahan yang baik untuk Aceh ke depannya,” kata Maulisman.

Menurut Maulisman, proses penyeleksian tingkat DPRA ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari (5-6 April 2013). Sedangkan proses penyeleksian untuk DPRK akan dikoordinir oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) masing-masing kabupaten/kota.

Maulisman mengatakan partai Gerindra akan mengajukan 100 persen calegnya ke KIP. Mengenai keterwakilan 30 persen caleg perempuan serta nomor urut penempatannya di setiap dapil, ia juga mengaku tidak mengalami kendala.

“Sekarang kami sedang dalam proses penyelesaian seleksi bakal caleg yang namanya akan ditetapkan untuk tingkat DPR RI, DPRA, dan DPRK. Target kami semuanya bisa selesai dalam waktu cepat karena paling lambat tanggal 17 April 2013 nanti semua berkas caleg yang lolos seleksi akan diserahkan ke KIP secara serentak,” paparnya.(swa/s)

Editor : hasyim

Sumber: tribunnews.com