Partai-Gerindra-Jadi-Favorit-Jelang-Pileg-2014

LENSAINDONESIA.COM: Partai Gerindra nampaknya menjadi favorit bagi bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan mendaftar pemilu legislatif (pileg) 2014. Terbukti, jelang hari terakhir pengambilan formulir, Kamis (28/2/2013), sebanyak 238 lembar sudah laku dan baru dikembalikan sebanyak 164.

“Kita memang mencetak 250 lembar formulir. Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah karena masih ada batas waktu terakhir pengembalian besok,” ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya, B. F. Sutadi ketika ditemui, Kamis (28/2).

Dari seluruh bacaleg yang mendaftar, nantinya akan dilakukan seleksi dan kualifikasi jika ingin lolos. Tahap pertama adalah pra verifikasi yaitu tanggal 10 Maret yaitu melakukan perkenalan dan memberikan wawasan. Disini bacaleg akan kembali diminta berkomitmen untuk memenangkan pemilu.

“Kalau mau nyalon (caleg) di Gerindra, targetnya harus menang. Buat apa kalau setengah- setengah mending ke partai lain saja. Ini tentunya syarat mutlak yang menjadi modal awal bagi caleg Gerindra,” jelasnya.

Sementara itu, terkait sistem penilaian dalam pencalegan nanti, Sutadi mengatakan akan memilih 50 caleg utama dan 10 cadangan. Berbagai proses seleksi lanjutan akan diterapkan seperti tes kualifikasi dan kemampuan yang akan diuji oleh tim khusus dari akademisi, pakar, dan unsur luar partai.

“Kalau nilainya sama, kita akan prioritas pada pengurus. Terutama yang pernah menempuh diklat Hambalang Partai Gerindra akan kita utamakan,” ungkap Sutadi.

Sementara itu, terkait kuota 30 persen caleg perempuan di kursi DPRD Surabaya, partai berlambang burung garuda ini nampaknya tidak begitu mengkhawatirkan karena mempunyai 31 caleg. “Kita butuh 18 caleg yaitu 30 persen dari 50 kursi di DPRD Surabaya. Kalau soal itu posisi kita masih aman,” katanya.

Diketahui, selain masyarakat umum yang mendaftar bacaleg Partai Gerindra, terdapat tokoh masyarak yang juga ikut ambil bagian. Beberapa diantaranya adalah tokoh politik dari PKNU dan PDS yang dipastikan bergabung.@iwan_christiono

Sumber: lensaindonesia.com