Jaga-Amanat-Prabowo,-Partai-Gerindra-Selektif-Pilih-Caleg

LENSAINDONESIA.COM: Partai Gerindra akan menindak tegas setiap kadernya jika terbukti ada permainan calo dalam pendaftaran bakal caleg di masing-masing daerah. Hal itu mengacu instruksi Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto agar partainya bersih dari tahapan pencalegan sampai Pemilu 2014 mendatang.
Seperti di Jawa Tengah, saat ini diketahui DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, DPC Kab/Kota telah membuka pendaftaran bakal Caleg di masing-masing kantor partai hingga 28 Februari 2013.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Agus Priyadi, kepada Licom mengatakan, sesuai instruksi Partai, pihaknya tidak menarik pungutan biaya pendaftaran Caleg DPR/ DPRD Provinsi/ Kabupaten dan Kota.
“Pak Prabowo mengintruksikan kepada semua kader pengurus, Baik di DPP, DPD, DPC, PAC maupun pengurus ranting. Gerinda dalam proses pencalegan ingin bersih dari proses sumbangan perekrutan Caleg, dan tidak ada calo jual beli Caleg dan nomor urut,” ujar Agus.

Menurutnya, bahkan sesuai ketentuan peraturan AD/ART partai, pihaknya akan menegakkan aturan organisasi demi kedisiplin organisasi dan kader sehingga bisa menjadi cerminan partai yang mampu memberikan contoh bagi masyarakat
Saat ini Partai Gerindra, lanjutnya, telah membuka diri kepada semua kader untuk bisa mengikuti seleksi pendaftaran Caleg dengan melengkapi beberapa persyaratan administratif yang dibutuhkan. Meski demikian, pendaftaran akan dikenakan biaya sebesar Rp50 ribu kepada setiap bakal Caleg untuk administrasi surat menyurat dan dokumen.
“Biaya pendafataran Caleg sebesar Rp 50 ribu yang digunakan untuk administrasi. Gerinda tidak menarik pungutan biaya pendaftaran yang besarannya dapat memberatkan Caleg. Adapaun ketentuan besaran biaya sumbangan partai itu ditentukan dari masing pengurus di daerah. Setelah bakal Caleg diterima melalui hasil tes uji kompetensi Caleg. Itu pun bentuknya berupa sumbangan,” terangnya.

Sementara itu, Quota pendaftaran caleg Gerinda pada pileg 2014 ditargetkan bisa 100 persen terisi di setiap dapilnya, baik tingkat pusat maupun daerah. “Sehingga target 20 % perolehan suara nasional nantinya, untuk gerindra tercapai di Pileg 2014 mendatang,“ pungkasnya.@nur

Sumber: lensaindonesia.com