Pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 tinggal 62 hari lagi. Untuk meningkatkan semangat publik dalam memilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai hari ini meluncurkan iklan pemilu khusus untuk televisi.
Iklan pemilu tersebut bertema “Jadilah Pemilih yang Rasional” dengan judul “Rumpi Lapak”. Target sasaran iklan ini adalah tiga kelompok, yaitu golongan muda atau pemilih pemula, perempuan, dan golongan terpinggir atau kaum cacat.
“Yang ditekankan di sini yaitu ada dua hal. Yang pertama, isi materi yakni bagaimana mengajak pemilih cerdas dan aktif. Kedua, teknis yaitu bagaimana di tiap satu surat suara itu hanya satu kali contreng. Itu bisa di nama caleg, nomor urut caleg, atau di nama parpol,” jelas anggota KPU bidang Penanggung Jawab Sosialisasi, Endang Sulasti di KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Sabtu (7/2/2009).
Penggambaran iklan tersebut yaitu adanya jingle pemilu, seperti dikutip syairnya yaitu “Ayo ikut pemilu, cukup satu kali contreng”. Serta dibintangi bintang-bintng muda dan perempuan yang mewakili target sasaran.
“Iklan ini untuk menjawab gencarnya gaung golput. Jadi di situ ditekankan satu suara bisa mengubah masa depan bangsa. Selain itu, menyosialisasikan jangan sampai pemilih keliru memberi tanda contreng,” tambah anggota KPU Andi Nur Pati.
Iklan yang juga bekerja sama dengan UNDP tersebut, ditayangkan mulai hari ini hingga 8 April mendatang di tiga stasiun televisi yakni TvOne, Metro TV, dan Trans TV. Namun pada Maret, dikatakan Andi, akan meningkatkan volume iklan di berbagai media.
“Dengan adanya iklan ini, KPU juga membuka peluang pada berbagai organisasi untuk dapat menyoasialisasikan pemilu,” pungkasnya. (Okezone.com)